PRAKTIK TATA KELOLA

Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas menyadari bahwa praktik tata kelola yang baik GCG saat ini tidak hanya sebagai pemenuhan kewajiban saja, namun telah menjadi kebutuhan dalam menjalankan kegiatan bisnis Perusahaan dalam rangka menjaga pertumbuhan usaha secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan dan sebagai upaya agar Perusahaan mampu bertahan dalam persaingan. Praktik tata kelola disusun berdasarkan pedoman pada Keputusan Direksi Badan Usaha Milik Desa Bersama Brayan Bumi Banyumas Nomor 008.K/DIR-BBB/2019 tentang Penerapan Praktik GCG di BUMDesma PT Brayan Bumi Banyumas.

Tujuan dari GCG PT Brayan Bumi Banyumas

  1. Memberikan keyakinan kepada Pemegang Saham, bahwa Perseroan dikelola secara baik dan benar dengan tujuan agar memberikan “return” yang wajar dan bernilai tinggi.
  2. Mendorong terhadap visi dan misi Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas.
  3. Mendorong dan mendukung pengembangan, pengelolaan sumberdaya dan pengelolaan risiko Perseroan secara lebih hati-hati (prudent), akuntabel, dan bertanggung jawab sejalan dengan prinsip-prinsip GCG.
  4. Menciptakan nilai tambah bagi semua pihak.
  5. Mendorong terciptanya kebudayaan kerja Perseroan ke arah yang lebih baik dengan penuh kebersamaan.
  6. Mencegah terjadinya penyimpangan dalan Pengelolaan Perseroan.

GCG ASSESMENT

Dalam mengukur pencapaian GCG Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas yang dimulai sejak 2019, maka dilakukan penilaian implementasi secara konsisten setiap tahunnya melalui self assesment dan lembaga assesment. Berikut realisasi dan proyeksi pencapian GCG Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas.

KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP)

Dalam meningkatkan transparansi perusahaan dalam bentuk informasi tentang perusahaan yang bisa diakses oleh masyarakat, dan berdasarkan Undang-undangan Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mulai berlaku berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 dan Keputusan Direksi Nomor 0012.K/DIR-BBB/2019. Dengan keterbukaan informasi publik PT Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas, diharapkan dapat meningkatkan hak masyarakat mendapatkan informasi proses bisnis, laporan keuangan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan informasi terkait lainnya.

PEDOMAN TATA KELOLA

Good Corporate Governance (GCG) Sebagai holding perusahaan Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas memiliki kewajiban untuk menerapkan GCG sebagaimana diamanatkan didalam Peraturan Bersama Kepala Desa (Permakades) Nomor 01 tahun 2019 tentang penerapan GCG pada BUMDesma Brayan Bumi Banyumas dan oleh pemegang saham. Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas menyadari bahwa penerapan GCG saat ini tidak hanya sebagai pemenuhan kewajiban saja, namun telah menjadi kebutuhan dalam menjalankan kegiatan bisnis Perusahaan dalam rangka menjaga pertumbuhan usaha secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan dan sebagai upaya agar Perusahaan mampu bertahan dalam persaingan.

Kemampuan yang tinggi dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG telah diwujudkan oleh Perusahaan diantaranya dengan dibentuknya fungsi pengelolaan GCG dibawah Sekretaris Perusahaan yang secara khusus menangani dan memantau efektivitas penerapan GCG di Perusahaan. Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas secara berkesinambungan melakukan langkah-langkah perbaikan baik dari sisi soft structure maupun dari sisi infrastructure GCG dalam rangka meningkatkan kualitas penerapan GCG. Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas telah menerbitkan dokumen-dokumen pendukung dalam penerapan GCG seperti Pedoman GCG, Board Manual, dan Pedoman Perilaku (Code of Conduct).

PEDOMAN PERILAKU

Pedoman untuk seluruh insan perusahaan dalam mengimplementasikan tata nilai perusahaan yang telah ditetapkan. Sehubungan dengan kedudukan Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas sebagai sebuah holding perusahaan, maka nilai-nilai yang ditetapkan menyelaraskan dengan model perusahaan publik. Penyusunan Code of Conduct ini mengacu pada perturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku, Visi, Misi, Tujuan, Tata Nilai dan best practice. Sebagai pedoman yang bersifat dinamis, Code of Conduct akan disesuaikan secara berkala dan berkelanjutan sesuai dengan dinamika lingkungan. Dengan adanya pedoman perilaku diharapkan proses pengelolaan proses bisnis perusahaan menuju amanah, transparan, dan akuntabel.

KEBIJAKAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN

Sistem Pengendalian Intern (SPI) merupakan komponen penting dalam manajemen BUMDesma Brayan Bumi Banyumas dan menjadi dasar bagi kegiatan operasional BUMDesma yang sehat dan aman. Sistem Pengendalian Intern yang efektif dapat membantu manajemen BUMDesma menjaga aset Perusahaan, menjamin tersedianya ketepatan dan keandalan pelaporan keuangan dan manajerial yang dapat dipercaya, memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kewajiban-kewajiban yang tidak sepatutnya, meningkatkan kepatuhan perusahaan terhadap ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mendorong tercapainya pelaksanaan kegiatan yang efisien, serta mengurangi risiko terjadinya kerugian, penyimpangan dan pelanggaran aspek kehati-hatian.

PEDOMAN KERJA JAJARAN DIREKSI DAN DEWAN KOMISARIS

Pedoman tata laksana kerja Direksi dan Dewan Komisaris dalam menjalankan peran dan melaksaksanakan tugas dan tanggung jawab secara terstruktur, sistematis, dan dijalankan dengan konsisten. Ketentuan-ketentuan dalam Board Manual ini menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan dan keputusan RUPS sebagai ketentuan yang lebih tinggi. Pedoman kerja manajemen BUMDesma Brayan Bumi Banyumas bersifat dinamis dan selalu berkembang, tergantung pada kebutuhan Dewan Komisaris dan Direksi akibat dari perubahan yang dihadapi oleh perusahaan. Board Manual yang menjadi acuan hingga saat ini disepakati oleh Direksi dan Komisaris pada September 2019.

PEDOMAN PENGADAAN BARANG/JASA

Guna meningkatkan proses pengadaan barang/jasa di Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas agar lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabel, maka Perusahaan menetapkan Peraturan Direksi PT Brayan Bumi Banyumas Nomor 016/DIR-HP/2019 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa pada tanggal 25 Mei 2019.
Pedoman ini bertujuan pula untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan, serta meningkatkan kemandirian, tanggung jawab dan profesionlisme dalam proses pengadaan barang/jasa.

PENGENDALIAN GRATIFIKASI

Dalam pelaksanaan kegiatan usaha Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas tidak terlepas dari hubungan dan interaksi antara berbagai pihak baik internal maupun eksternal yang memungkinkan terjadinya penerimaan atau pemberian atau permintaan yang dapat dikategorikan gratifikasi. Pemahaman yang tidak seragam mengenai gratifikasi menimbulkan penafsiran yang beragam dan berpengaruh pada kinerja pegawai, maka perlu adanya pedoman Pengendalian Gratifikasi. Semua insan Brayan Bumi Banyumas dan keluarga harus ikut bertanggung jawab mencegah dan melakukan penolakan terhadap gratifikasi di lingkungan instansi.

WHISTLE BLOWING SYSTEM

Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, nilai-nilai etika, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di perusahaan merupakan suatu yang harus dihindari oleh seluruh Insan manajemen BUMDesma Brayan Bumi Banyumas. Oleh karena itu, sebagai wujud komitmen untuk menyediakan sistem penegakan prinsip tata kelola perusahaan yang baik, demi menciptakan situasi kerja yang bersih dan bertanggung jawab.

Perusahaan menciptakan menyusun dan menerapkan sistem pelaporan pelanggaran dalam rangka memberikan kesempatan kepada segenap insan manajemen BUMDesma Brayan Bumi Banyumas dan pihak eksternal, supaya dapat menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran terhadap nilai-nilai etika yang berlaku beserta bukti-bukti yang dapat dipertanggung jawabkan serta dengan niat baik untuk kemajuan perusahan. Anda menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan atau yang berhubungan dengan Bumdesma PT Brayan Bumi Banyumas, tolong segera laporkan!

LAPORAN TAHUNAN

ANNUAL REPORT 2019

ANNUAL REPORT 2020